9 Tips Memilih Software SDM yang Tepat

Seperti yang telah diketahui bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset yang paling penting di setiap perusahaan untuk menginvestasikan sistem penggajian karyawan yang optimal. Salah satunya adalah sistem SDM yang memunculkan berbagai jenis aplikasi perangkat lunak atau software SDM. Software SDM berfungsi untuk membantu tim manajemen kerja dalam mengembangkan suatu bisnis. Berikut adalah 9 tips memilih software SDM yang tepat.

1 ) Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

Di dalamnya software SDM terdapat beragam fitur yang akan memudahkan pekerjaan tim SDM. Pilihlah software tersebut yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Contohnya adalah fitur-fitur lengkap yang tersedia pada software SDM dan bagaimana fitur tersebut dapat berintegrasi satu sama lain. Hal ini tentunya semakin membantu Anda menghemat waktu kerja tim SDM.

2 ) Perhatikan akurasi software SDM

Software SDM dibangun berdasarkan sebuah sistem pada komputer. Sistem ini tentunya bisa mengalami kesalahan (error) jika Anda tidak berhati-hati saat memasukkan data manajemen SDM. Anda bisa meminta demo dengan masa trial untuk melakukan pencocokan data dan penghitungan software SDM dan manual demi memastikan keakuratan penghitungan pada sistem tersebut. Selama proses demo, Anda bisa pilih fitur mana yang ingin Anda pakai, lebih dikembangkan atau dibuang.

3 ) Pertimbangkan fleksibilitas software SDM

Pilihlah software SDM yang fleksibel dengan fitur lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan kustomisasi perusahaan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Bisa juga pilih software tersebut jika ada perubahan kebijakan di perusahaan Anda, maka akan disesuaikan dengan software yang Anda gunakan.

4 ) Keamanan data perusahaan

Keamanan menjadi hal utama dalam pengelolaan data perusahaan terkait dengan manajemen SDM. Pilihlah software SDM yang menjamin keamanan data-data internal perusahaan Anda dengan tepat serta selalu memberikan update mengenai sistem SDM untuk mencegah peretasan atau pembobolan informasi. Jangan sampai data rahasia dari suatu perusahaan yang kemudian disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

5 ) Bahasa operasional mudah dipahami

Tidak semua bahasa operasional dalam software SDM mudah dipahami oleh tim SDM yang menjalankan prosesnya. Pilihlah software SDM yang dibangun dengan menggunakan bahasa operasional pada sistem komputer yang mudah dimengerti sehingga akan memudahkan Anda dalam mempelajari cara penggunaan software ini. Terutama orang-orang tim SDM masih awam dengan teknologi SDM yang saat ini.

6 ) Mulai dari fitur yang paling sederhana

Periksalah terlebih dahulu mengenai dashboard dan fitur pada software SDM yang akan menampilkan informasi manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Mulai dari fitur yang paling sederhana adalah daftar, bagan, serta kolom berisi link yang berhubungan dengan menu rekrutmen, catatan waktu kehadiran karyawan, permintaan cuti kerja, penghitungan gaji karyawan, BPJS, SPT, PPh Pasal 21, uang lembur dan insentif hingga jadwal training. Cobalah untuk memakainya setelah login selama beberapa bulan, jika ada fitur-fitur lain, maka tambahlah secara bertahap.

7 ) Bandingkan harga dan kualitas

Software SDM seringkali dibuat oleh pihak IT developer dengan harga yang beragam. Ada baiknya, semua software SDM memiliki kelebihan fiturnya masing-masing. Coba bandingkan harga dan kualitas layanan software SDM terlebih dulu. Kemudian, biaya layanan tersebut akan disesuaikan dengan jumlah karyawan.

8 ) Dikembangkan oleh developer terbaik

Belilah software SDM dari perusahaan yang terpercaya dan sudah terkenal dari segi company profile. Biasanya perusahaan yang bagus menawarkan software SDM yang terbaik, terutama fiturnya maupun tampilan desainnya serta lebih akurat dan sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan.

9 ) Lihat seberapa responsif para vendor

Carilah vendor yang menawarkan pengembangan dan pembaruan sistem, vendor mana yang lebih peduli dengan permintaan dan kebutuhan klien. Sebelum Anda memilih vendor tersebut, Anda wajib mengecek seberapa responsif mereka. Pastikan apakah mereka ingin menjawab telepon, membalas email dan membantu menyelesaikan masalah Anda. Sehingga bisa dengan mudah menilai seberapa peduli mereka dalam membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa software SDM sebagai software penggajian karyawan yang memudahkan Anda dalam proses analisis dan pengambilan keputusan yang tepat demi meningkatkan kinerja perusahaan.

Dengan 9 tips memilih software SDM yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengelola administrasi SDM.